Kelompok Solo Incar Jakarta dan Bali

Kelompok Solo Incar Jakarta dan Bali
Kelompok Solo Incar Jakarta dan Bali
JAKARTA - Jaringan teroris Farhan dan Bayu cs ternyata tak sekedar memiliki rencana balas dendam pada polisi dan mengacaukan HUT RI ke-67 di kota Solo, Jawa Tengah. Kelompok yang kebanyakan diisi oleh tunas baru teroris ini juga berencana membuat aksi teror di Bali, Jakarta, dan Poso.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Inspektu Jenderal (Purn) Ansyaad Mbai di Jakarta Pusat, Senin (3/9). "Rencana besar ingin ledakan secara simultan, Solo, Poso, Jakarta. Di Jakarta kan lebih ketat pengamanan, di Solo yang mereka punya kesempatan. Kalau bisa memungkinkan, Jakarta dan Bali juga target mereka," ujar Ansyaad.

Menurut Ansyaad, kelompok Farhan bukanlah kelompok yang berdiri sendiri. Jaringan tersebut, kata dia, sangat luas dan masih berafiliasi dengan JAT maupun Jamaah Islamiyah (JI).  Sekitar 50 anggota militan jaringan ini dilatih di Poso sejak Juni 2011 hingga Maret 2012. Sebagian, kata dia, dikirim ke jaringan Solo untuk membuat bom dan rekrut jaringan baru.

"Jangan polos melihat jaringan solo adalah jaringan yang berdiri sendiri. Jaringan ini sangat luas. Di Solo tergabung dalam tim Hisbah. Hisbah adalah JAT. JAT adalah JI baru. Pimpinannya tetap, yang melakukan tindak terorisme, tetap itu-itu juga," paparnya.

JAKARTA - Jaringan teroris Farhan dan Bayu cs ternyata tak sekedar memiliki rencana balas dendam pada polisi dan mengacaukan HUT RI ke-67 di kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News