Kemampuan Hatta Saat Debat Diklaim Ungguli JK

Kemampuan Hatta Saat Debat Diklaim Ungguli JK
Kemampuan Hatta Saat Debat Diklaim Ungguli JK

jpnn.com - JAKARTA - Debat terakhir capres-cawapres bakal diselenggarakan Sabtu (5/7) besok. Namun, perseteruan debat cawapres Hatta Rajasa melawan Jusuf Kalla yang diselenggarakan pekan lalu masih menjadi perbincangan. Menurut pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Malang Anang Sujoko dalam debat itu, Hatta mengungguli JK.  

“Meski JK dianggap menguasai lapangan dan bergaya cair, malam itu tampak kurang punya strategi retorika yang bagus, “ kata pengamat Komunikasi Politik Universitas Brawijaya Malang Anang Sujoko, Jumat (4/7). 

Anang memperkirakan kurang bagusnya performa JK, lantaran wapres periode 2004-2009 itu tak punya cukup data untuk menyusun strategi. Selain itu, JK juga kurang menampilkan kepercayaan diri yang prima. “Jawaban-jawaban JK bersifat umum,” kata Anang.

Menurut Anang, harusnya debat Cawapres kali ini menampilkan bagaimana kematangan pengalaman dan kecanggihan strategi dalam peningkatan SDM dan IPTEK dari seorang yang pernah menjabat sebagai wapres.

Anang lantas sedikit menyangjung Hatta. Menurutnya, Hatta lebih bisa menampilkan gaya retorika penuh percaya diri dan dengan alur komunikasi yang  runtut. “Jawaban dan pernyataan Hatta, banyak didukung dengan data dan strategi yang spesifik,” katanya. (jpnn) 

JAKARTA - Debat terakhir capres-cawapres bakal diselenggarakan Sabtu (5/7) besok. Namun, perseteruan debat cawapres Hatta Rajasa melawan Jusuf Kalla


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News