Kemnaker Gelar Bulan K3 Nasional di Smelter Freeport Gresik, Menaker Bilang Begini

Kemnaker Gelar Bulan K3 Nasional di Smelter Freeport Gresik, Menaker Bilang Begini
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah pada saat Apel Peringatan dan Pencanangan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Gresik, Jumat (12/1/2024). Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, GRESIK - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggaler peringatan dan pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 di Kawasan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah pada saat Apel Peringatan dan Pencanangan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Gresik, Jumat (12/1/2024).

Dia mengatakan acara tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk secara terus menerus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat.

"Budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang mana akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3," kata dia.

Budaya K3 sendiri merupakan salah satu syarat dalam membentuk ekosistem ketenagakerjaan yang unggul.

“Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” kata Menaker Ida.

Dia mengatakan kesadaran untuk membudayakan K3 di tempat kerja masih menjadi tantangan di Indonesia.

Hal itu melihat angka kecelakaan kerja yang masih terus meningkat dalam 3 tahun terakhir, termasuk di dalamnya Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Kemnaker menggaler peringatan dan pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 di Kawasan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News