Kembar Siam Dempet Panggul dengan Satu Anus

Kembar Siam Dempet Panggul dengan Satu Anus
Kembar Siam Dempet Panggul dengan Satu Anus
SURABAYA - Bayi kembar siam langka lahir di Surabaya, Minggu (14/7). Bayi perempuan pasangan AR dan B (keduanya tak mau disebut namanya) itu lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak Graha Medika Babatan, Wiyung, sekitar pukul 09.00.

Sekitar pukul 15.00, kembar siam dengan berat total 5,4 kg tersebut dibawa ke RSUD dr Soetomo untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Para perawat dan bidan yang bertugas di rumah sakit ibu dan anak itu ikut mengantar sang bayi.

Dokter spesialis anak RSUD dr Soetomo dr Agus Harianto yang juga ikut menangani bayi tersebut mengatakan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah stabilisasi, yaitu menstabilkan kondisi bayi yang mengalami kedinginan. "Karena mengalami transisi selama perjalanan dengan ambulans, bayi yang belum stabil biasanya kedinginan sehingga kami berusaha menolong agar tidak kedinginan," ujarnya. Tak terlalu lama ditangani, kondisi bayi itu sudah stabil.

Menurut Agus, bayi tersebut menyatu pada bagian panggul. Dengan demikian, keduanya hanya memiliki satu anus. Istilah medisnya adalah kembar siam jenis pygopagus. Itu adalah kembar siam dempet panggul yang termasuk langka.

SURABAYA - Bayi kembar siam langka lahir di Surabaya, Minggu (14/7). Bayi perempuan pasangan AR dan B (keduanya tak mau disebut namanya) itu lahir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News