Kemenag Ungkap Capaian Lewat Religion Festival: Ada Peningkatan Akreditasi PTKIN Unggulan yang Signifikan

Kemenag Ungkap Capaian Lewat Religion Festival: Ada Peningkatan Akreditasi PTKIN Unggulan yang Signifikan
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Basnang Said (kiri) dan Kepala Biro HDI Ahmad Fauzin (kanan) saat ditemui di sela-sela Religion Fest di Jiexpo Kemayoran, Jakarta (9/10). Foto: Kenny Kurnia Putra/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama menggelar acara bertajuk Religion Festival sekaligus kick off Hari Santri di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/10).

Dengan tagline faster, better, dan stronger, Religion Festival mengemas kinerja Kemenag terkait program prioritas, capaian kinerja secara berkelanjutan, hingga perjalanan Kementerian Agama dalam beberapa periode.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Basnang Said menjelaskan dalam jangka waktu kurang dari dua tahun sudah ada peningkatan akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

"Ada peningkatan PTKIN hingga 160 persen. Misalkan kita bicara akreditasi perguruan tinggi itu dimulai 2005 hingga 2023 itu hanya memiliki 7 PTKIN unggul. Sekarang itu sudah diangkat 18 PTKIN," kata Basnag di sela-sela Religion Fest.

Dia menyebutkan akreditasi institusi unggul itu kecepatan jauh melebihi target.

Tidak hanya perguruan tinggi, Kemenag juga mendorong program kemandirian ekonomi pesantren.

"Program kemandirian ekonomi pesantren itu sekarang terbentuk 436 badan usaha milik pesantren. Sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya," lanjutnya.

Dia juga menjelaskan aspek kelembagaan di Kemenag juga makin kuat.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Basnag Said menungkapkan ada peningkatan PTKIN Unggulan yang dilakukan oleh Kemenag

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News