Kemendagri Belum Sampaikan Hasil Evaluasi dan Grand Design

Kemendagri Belum Sampaikan Hasil Evaluasi dan Grand Design
Kemendagri Belum Sampaikan Hasil Evaluasi dan Grand Design
JAKARTA - Pembahasan hasil evaluasi daerah pemekaran dan grand design strategi penataan daerah 2010-2015 ternyata tak mengalami perkembangan yang signifikan. Pasalnya hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum juga menyerahkan laporan tersebut ke Komisi II DPR.

"Mendagri bohong terus. Sampai sekarang Komisi II belum menerima hasil evaluasi tentang daerah otonomi maupun  grand design," kata Anggota Komisi II DPR Arif Wibowo. Bahkan, politisi PDI-P ini menduga bahwa sebenarnya Kemendagri belum menyelesaikannya. "Kesannya Mendagri tidak transparan. Seperti ada yang disembunyikan," imbuhnya kemarin.

Kan saat ini DPR dalam masa reses? "Ah itu bukan alasan," jawabnya. Sebab, menurut Arif dalam setiap raker, Kemendagri selalu menyatakan siap untuk segera menyerahkan data-data tersebut. Bahkan, lanjutnya, Mendagri Gamawan Fauzi pernah berjanji akan menyerahkan hasil evaluasi daerah pada bulan Maret.

Namun buktinya, tak kunjung terlaksana hingga sekarang. Begitu juga dengan grand design yang dijanjikan akan selesai pada bulan Juni juga molor. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Gamawan Fauzi baru saja mengumumkan bahwa pihaknya telah merampungkan grand design strategi penataan daerah 2010-2015. Kini rumusan itu sudah diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain itu Kemendagri juga sudah menyelesaikan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di daerah pemekaran. Hasilnya, 67 persen daerah meraih nilai baik. Sedangkan sisanya termasuk kategori tertinggal.

JAKARTA - Pembahasan hasil evaluasi daerah pemekaran dan grand design strategi penataan daerah 2010-2015 ternyata tak mengalami perkembangan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News