Kemenkes Perkuat Fungsi Puskesmas

Kemenkes Perkuat Fungsi Puskesmas
Kemenkes Perkuat Fungsi Puskesmas
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai menyusun anggaran untuk APBN 2013. Dari total pagu sementara (indikatif) sebesar Rp 24,67 triliun, Kemenkes berusaha memperkuat pelayanan keseahatan dasar. Diantaranya mulai dari level Puskesmas hingga rumah sakit rujukan di daerah.

Menkes Nafsiah Mboi mengatakan sebagian besar dari pagu sementara itu dihabiskan untuk belanja wajib. Diantara adalah untuk gaji pegawai. Meskipun begitu, Nafsiah mengatakan masih ada alokasi anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat penguatan pelayanan kesehatan dasar.

"Diantaranya adalah penguatan peran Puskesmas dan Puskesdes (Pusat Pelayanan Kesehatan Desa, red)," kata dia saat rapat bersama Komisi IX DPR kemarin.

Nafsiah mengatakan bahwa alokasi untuk penguatan Puskesmas mereka anggarankan sebesar Rp 30 miliar. "Untuk Puskesmas ini diperkuat juga peran untuk perawatan bayi baru lahir," tandasnya.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai menyusun anggaran untuk APBN 2013. Dari total pagu sementara (indikatif) sebesar Rp 24,67 triliun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News