Kemenko Perekonomian dan Pemprov Gorontalo Bersinergi Kembangkan Ekosistem Kewirausahaan

Kemenko Perekonomian dan Pemprov Gorontalo Bersinergi Kembangkan Ekosistem Kewirausahaan
Optimalkan potensi Daerah, Kemenko Perekonomian menggandeng Pemprov Gorontalo mendorong pengembangan ekosistem kewirausahaan. Foto: Ekon.go.id

jpnn.com, GORONTALO - Dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, pemerintah perlu melakukan transformasi ekonomi untuk mencapai target peningkatan PDB per kapita sebesar USD23.000 hingga USD30.300.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah dengan mendorong tingkat pendapatan melalui penciptaan lapangan pekerjaan yang mampu memberikan penghidupan yang layak.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Kedeputian Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian mengadakan Diseminasi Kebijakan Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan bagi pemuda di Provinsi Gorontalo, pada Jumat (20/9).

Gorontalo, dengan populasi pemuda yang besar serta kekayaan alam dan budaya, memiliki potensi besar untuk menjadi pusat pengembangan produk unggulan daerah.

Dengan potensi yang ada, pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan melalui akselerasi kewirausahaan, khususnya bagi pemuda.

"Langkah ini selaras dengan strategi pemanfaatan bonus demografi untuk keluar dari middle income trap melalui penciptaan wirausaha muda yang berdaya saing dan mampu menciptakan lapangan kerja,” jelas Musdhalifah Machmud, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM.

Pemerintah menargetkan peningkatan rasio kewirausahaan nasional sebesar 3,95% dan pertumbuhan wirausaha sebesar 4% pada 2024.

Untuk mencapainya, Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024 menjadi panduan utama, menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif.

Optimalkan potensi Daerah, Kemenko Perekonomian menggandeng Pemprov Gorontalo mendorong pengembangan ekosistem kewirausahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News