KemenPAN-RB Sebut Pengangkatan ASN Paruh Waktu ke PPPK Tanpa Tes, Tahun Ini

KemenPAN-RB Sebut Pengangkatan ASN Paruh Waktu ke PPPK Tanpa Tes, Tahun Ini
KemenPAN-RB menyebutkan pengangkatan ASN paruh waktu ke PPPK tanpa tes, seleksinya nanya tahun ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyampaikan pengangkatan ASN paruh waktu ke PPPK tanpa tes.

Nah, seleksi PPPK paruh waktu itu hanya dilaksanakan tahun ini. Itu sebabnya seluruh honorer baik yang masuk database Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun belum, ada formasi atau tidak harus ikut seleksi PPPK 2024.

Pelaksana tugas (Plt.) Deputi SDM Aparatur Kemenangan Aba Subagja mengatasi semua honorer akan diangkat PPPK dan mendapatkan nomor induk pegawai (NIP). 

Itu karena per Januari 2025, tidak adalagi namanya honorer, pegawai tidak tetap (PTT), guru tidak tetap (GTT), non-aparatur sipil negara (non-ASN). 

"Status kepegawaian hanya ada PNS dan PPPK. Jadi, Pemda tidak boleh merekrut honorer baru agar urusan tenaga non-ASN ini bisa diselesaikan sesuai amanat UU 20 Tahun 2023 tentang ASN Pasal 66," terang Aba, Minggu (22/9). 

Dia kembali menginformasikan hasil rapat kerja Komisi II DPR RI dengan pemerintah pada. 28 Agustus 2024, yang intinya honorer akan diselesaikan tahun ini. 

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah sudah membuat sejumlah regulasi agar honorer bisa diselesaikan akhir Desember 2024.

Aba mengungkapkan tahun ini formasi PPPK yang tersedia sebanyak 1,2 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 800 ribu untuk pemda. 

KemenPAN-RB menyebutkan pengangkatan ASN paruh waktu ke PPPK tanpa tes, seleksinya nanya tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News