KemenPAN-RB Terapkan SMS Center

Target Hemat Biaya Kertas Rp1,2 Miliar

KemenPAN-RB Terapkan SMS Center
KemenPAN-RB Terapkan SMS Center
JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan  menerapkan SMS center, sebagai salah satu media yang praktis, cepat dan menghemat kertas dalam menyebarkan undangan rapat. Selain itu, undangan juga dilakukan secara elektronik (e-invitation), melalui email masing-masing pegawai maupun pejabat.

Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengatakan, selama ini undangan rapat selalu menggunakan kertas, dan harus diantar ke masing-masing pejabat. Selain boros kertas, juga kurang menghemat tenaga, kurang cepat dan tidak praktis. Namun undangan resminya tetap dibuat, untuk kepentingan audit.

“Budaya mengundang lewat SMS center sebaiknya dilanjutkan. Selain praktis, juga menghemat kertas,” ujar guru besar Universitas Indonesia ini dalam rilisnya, Rabu (20/2).

Sebagai gambaran, lanjutnya, setiap bulan KemenPAN–RB menghabiskan 120 rim kertas untuk cetak undangan. Kalau satu rim harganya Rp 40 ribu, berarti senilai Rp 4,8 juta. Undangan itu harus di-copy, rata-rata 20 kali. Belum lagi diitambah dengan tinta, hingga nilainya akan mencapai Rp 100 juta. Kalau hal itu dilakukan, maka dalam setahun bisa dihemat Rp 1,2 miliar.

JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan  menerapkan SMS center, sebagai salah satu media

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News