Kemenperin Sebut iPhone 16 Tak Boleh Dijual di Indonesia, Tetapi

Kemenperin Sebut iPhone 16 Tak Boleh Dijual di Indonesia, Tetapi
Apple merilis iPhone 16. (ANTARA/Apple Newsroom)

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Atoni Arief menegaskan iPhone 16 tidak boleh dijual di pasar Indonesia.

Hal itu lantaran smartphone asal Amerika Serikat tersebut hingga saat ini belum mengantongi sertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Meski demikian, Febri menyebut iPhone 16 yang dibeli dari luar Indonesia atau melalui pos serta tidak diperjualbelikan boleh masuk ke pasar tanah air.

"Seri iPhone 16 yang masuk ke Indonesia dengan dibawa penumpang dan membayar pajak merupakan barang bawaan yang tidak boleh diperjualbelikan dan terbatas pada pemakaian pribadi penumpang," kata dia.

Dirinya menjelaskan pada dasarnya iPhone 16 masuk dalam kategori barang pos dan telekomunikasi yang boleh masuk Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Hal itu berdasarkan Pasal 35 pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

Namun dengan catatan, jumlah yang dibawa tidak boleh lebih dari dua unit per penumpang.

Aturan tersebut juga menyebutkan barang bawaan dan atau barang yang dikirim melalui penyelenggara pos yang digunakan untuk keperluan sendiri, tidak diperdagangkan dan/atau tidak untuk tujuan komersial dikecualikan dari kewajiban standar teknis, yang di dalamnya termasuk kewajiban TKDN sebesar 35 persen.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Atoni Arief menegaskan iPhone 16 tidak boleh dijual di pasar Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News