Kementan Percepat Luas Tambah Tanam Padi di Kalimantan Selatan

Kementan Percepat Luas Tambah Tanam Padi di Kalimantan Selatan
Rapat koordinasi Percepatan LTT dan PAT padi Provinsi Kalsel. Foto: source for JPNN

jpnn.com - BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) dan produksi pertanian nasional, salah satunya dengan program Perluasan Areal Tanam atau PAT.

Program itu bertujuan untuk menjamin ketahanan pangan dan ketersediaan pangan menuju lumbung pangan dunia.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menekankan bahwa solusi cepat peningkatan produksi petanian yang ditawarkan saat ini adalah program PAT.

Amran juga menegaskan perlunya memaksimalkan penggunaan pompa dan optimasi lahan (oplah) untuk meningkatkan LTT.

Dia mengingatkan bahwa capaian LTT harus diperkuat agar tujuan swasembada pangan dapat tercapai.

"Ingat saat ini ada banyak negara yang mengalami penurunan produksi dan ada banyak penduduk dunia yang menderita kelaparan. Karena itu harus dimitigasi dengan solusi cepat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, selaku Penanggung Jawab (PJ) Program Upaya Khusus (Upsus) Antisipasi Darurat Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar Rapat Koordinasi Percepatan LTT dan PAT padi Provinsi Kalsel, bersama Pelaksana Harian Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Imam Subarkah dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se Provinsi Kalsel serta Korem 101 Antasari, di Banjarbaru - Kalsel pada Kamis (19/9).

Dalam kesempatan tersebut, Arsanti mengatakan bahwa produktivitas pertanian melalui peningkatan produksi kegiatan LTT dan PAT harus terus digenjot.

Mentan Andi Amran Sulaiman menekankan bahwa solusi cepat peningkatan produksi petanian yang ditawarkan saat ini adalah program PAT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News