Kenali Gejala Limfoma Hodgkin, Banyak Pasien Terkecoh, Akibatnya Fatal

Kenali Gejala Limfoma Hodgkin, Banyak Pasien Terkecoh, Akibatnya Fatal
Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD-KHOM, pakar hematologi-onkologi dalam edukasi "Kenali Limfoma Hodgkin" yang digelar PT Takeda Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Kamis (26/9). Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Limfoma Hodgkin bisa disembuhkan bila diketahui sejak dini dan diobati secara kontinyu 

Limfoma Hodgkin adalah sebuah penyakit yang sering kali tidak terdiagnosis dengan tepat hingga mencapai stadium lanjut.

Oleh karenan itu penting edukasi mengenai perlunya deteksi dini, juga dukungan bagi para pasien yang tengah berjuang melawan kanker ini.

"Di Indonesia, kesadaran mengenai Limfoma Hodgkin masih sangat rendah," kata Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD-KHOM, pakar hematologi-onkologi dalam edukasi "Kenali Limfoma Hodgkin" yang digelar PT Takeda Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Kamis (26/9).

Dia menjelaskan gejala-gejala Limfoma Hodgkin yang tidak spesifik sering kali membuat penyakit ini sulit dikenali, dan banyak pasien baru mengetahui bahwa mereka mengidap kanker setelah penyakitnya mencapai tahap lanjut.

Oleh karena itu, perlu menyediakan wadah untuk menyuarakan kebutuhan tatalaksana serta harapan mereka yang berjuang mengatasi penyakit ini.

"Limfoma adalah salah satu jenis kanker yang menyerang sistem limfatik, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia," ucapnya.

Ada dua jenis utama limfoma, yaitu Limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin.

Kenali gejala Limfoma Hodgkin sejak dini akan menyelematkan pasien dari penyakit kanker stadium 4

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News