Kenalkan Islam Moderat dengan Tampilan Gaul

Kenalkan Islam Moderat dengan Tampilan Gaul
Foto: ken/JP
NAHDLATUL Ulama (NU) kini memiliki cabang di Jerman. Pendirinya warga asal Cilacap, Suratno. Ustad gaul itu juga banyak menyebarkan ajaran Islam secara moderat di negara itu. Berikut laporan wartawan Jawa Pos SEKARING RATRI ADANINGGAR yang sedang bertugas di Frankfurt.

-----------------

Tinggal di negeri orang, membuat Suratno harus pandai menyesuaikan diri. Dari cara berpakaian, pria berkaca mata itu cukup up to date. Hampir semua yang dipakai ’’bermerek’’.

Jaket yang dia kenakan merupakan produk khas Jerman, Jack Wolfskin. Backpack yang dia kenakan pun produknya belum dipasarkan di Indonesia. Suratno nyaman memakai backpack warna hitam The North Face, produk Inggris. Di balik jaketnya, dia mengenakan kaus polo shirt lengan pendek. 

Suratno juga gampang membaur dengan masyarakat Frankfurt, kota tempat tinggalnya selama merantau. Pria 36 tahun itu sudah terbiasa dengan suhu udara Frankfurt yang terkadang mencapai minus.

NAHDLATUL Ulama (NU) kini memiliki cabang di Jerman. Pendirinya warga asal Cilacap, Suratno. Ustad gaul itu juga banyak menyebarkan ajaran Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News