Kenapa Mata Sering Belekan? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa Mata Sering Belekan? Ini Penyebab dan Solusinya
Kenapa mata sering belekan? Ini penyebab dan solusinya. Foto: supplied

jpnn.com - Mata belekan atau keluarnya cairan dari mata adalah kondisi yang umum terjadi dan sering kali membuat kita merasa tidak nyaman.

Beberapa orang mungkin mengalami gejala ini hanya sesekali, sementara yang lain mungkin mengalaminya lebih sering.

Penting untuk memahami penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini agar mata tetap sehat dan nyaman.

Menurut Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Papua Selatan dengan situs pafipapuaselatan.org, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata belekan.

Penyebab Mata Belekan:

1. Alergi terhadap debu, serbuk sari, atau bulu hewan dapat menyebabkan iritasi pada mata dan menghasilkan lendir berlebih. Reaksi alergi ini sering disertai dengan gejala lain seperti bersin dan hidung meler.

2. Infeksi mata, seperti konjungtivitis (mata merah), dapat menyebabkan keluarnya cairan dari mata. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur, dan sering kali membutuhkan pengobatan medis.

3. Kekeringan mata kering dapat memicu produksi lendir sebagai respons terhadap kekurangan kelembapan. Ini bisa disebabkan oleh penggunaan lensa kontak, paparan udara kering, atau kurangnya produksi air mata.

Mata belekan atau keluarnya cairan adalah kondisi yang umum terjadi dan sering kali membuat kita merasa tidak nyaman. Berikut penyebab dan solusinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News