Kendala Kualanamu Sudah Teratasi

Kendala Kualanamu Sudah Teratasi
Kendala Kualanamu Sudah Teratasi
JAKARTA -- Meski proyek pembangunan Bandara Kualanamu, Medan, terlihat seret, namun pihak Departemen Perhubungan (Dephub) di Jakarta tetap yakin bandara baru pengganti bandara Polonia Medan itu bisa dioperasionalkan sesuai target. Direktur Bandara Dephub, Bambang Cahyono menjelaskan, pihaknya yakin proses pembangunan Kualanamu bisa kelar paling lambat akhir 2010. Dia berharap, para pengusaha perhotelan yang merasa terkendala untuk meninggikan bangunan hotelnya di sekitar bandara Polonia lantaran ada aturan Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP), agar bersabar saja.

"Saya sangat menghargai kalau para pengusaha perhotelan itu masih mau menunggu, karena toh tinggal sekitar satu setengah tahun saja. Akhir tahun 2010 kita kejar untuk bisa selesai," ungkap Bambang kepada JPNN, Rabu (5/8). Namun dia mengakui, memang sempat ada ketidakpastian mengenai target penyelesaianya. Angka tahun yang sempat disebut adalah 2009 dan awal 2010, bahkan juga sempat muncul target penyelesaian 2011. Bambang menjelaskan, kendala awal yang sempat muncul adalah masalah karakter tanah di lokasi pembangunan yang sangat labil. Proses untuk melakukan ground treatment ini, katanya, memang sempat menyedot waktu.

Guna mengatasi persoalan itu, pihak Dephub lantas menggunakan tenaga ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB). "Dari ahli IPB itu, selanjutnya kita sudah tahu bagaimana mengatasi persoalan labilnya tanah di sana. Proses pemadatan tanah, lanjutnya, harus dilakukan secara berkala.  "Karena menunggu tanah turun agar benar-benar padat. Kalau sudah yakin padat, baru di atasnya ada pembangunan fisik yang lainnya," urainya.

Informasi yang beredar, lambannya proses pembangunan bandara senilai Rp4 triliun itu karena dana proyek dari pusat sulit cair. Dampaknya, kontraktor kesulitan berbelanja barang, ditambah lagi banyak perusahaan penyedia bahan bangunan menghentikan pasokan ke kontraktor, karena banyak utang yang belum dibayar. Bambang membantah mengenai hal itu. Katanya, hingga saat ini tidak ada persoalan pendanaan. "Sudah ada dananya. Tidak ada masalah itu. Anggarannya selalu siap. Kalau ada masalah utang, ya itu antara mereka (kontraktor dengan distributor, red), " ucapnya.

JAKARTA -- Meski proyek pembangunan Bandara Kualanamu, Medan, terlihat seret, namun pihak Departemen Perhubungan (Dephub) di Jakarta tetap yakin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News