Kepala BPJPH Mewajibkan Label Halal ke Barang yang Dijual, Mahfud: Itu Salah

Kepala BPJPH Mewajibkan Label Halal ke Barang yang Dijual, Mahfud: Itu Salah
Mantan Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum tata negara Mahfud Md mengkritik keras penjelasan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Haikal Hassan dalam video yang belakangan viral di media sosial.

Diketahui, Haikal dalam video viral berdurasi 59 detik mengungkapkan setiap barang yang diperdagangkan wajib memiliki sertifikat halal.

Mahfud beranggapan Babe Haikal sapaan Haikal Hassan keliru dan mempertanyakan alasan sertifikasi halal buat semua barang yang diperjualbelikan.

"Penjelasan pemerintah tentang sertifikasi ini salah. Masa, semua yang dijualbelikan harus pakai sertifikasi halal," kata eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dalam X akun @mohmahfudmd dikutip Minggu (27/10).

Mahfud kemudian bertanya soal kemungkinan produk seperti kambing dan laptop harus memiliki sertifikasi halal karena dua barang itu diperjualbelikan. 

"Bagaimana kalau membeli kambing, ayam, laptop, buku dan lain-lain," kata eks Menhan RI itu.

Mahfud mengatakan kehidupan beragama tampak sulit ketika negara mewajibkan semua barang yang diperjualbelikan harus memiliki sertifikasi halal.

"Kalau seperti itu, jadinya beragama di negara ini terasa sulit. Tak semua yang haram dimakan itu tak boleh diniagakan," kata dia.

Pakar hukum tata negara Mahfud Md mengkritik keras penjelasan Kepala BPJPH Haikal Hassan yang meminta setiap barang wajib bersertifikat halal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News