Kepuasan BAB Samai Kenikmatan Orgasme

Kepuasan BAB Samai Kenikmatan Orgasme
Kepuasan BAB Samai Kenikmatan Orgasme

jpnn.com - ASALKAN lancar, BAB (Buang Air Besar) selalu memberi kepuasan tersendiri berupa perasaan lega. Apalagi setelah kebelet berjam-jam karena belum sempat pergi ke toilet. Oleh para ilmuwan, puasnya dikatakan menyamai kenikmatan orgasme.

Para ilmuwan dari Princeton University di New Jersey mengkonfirmasi bahwa BAB yang lancar memang bisa memberikan kepuasan orgasmik yang mereka sebut poo-phoria. Menariknya lagi, kepuasan tersebut bersifat adiktif atau menyebabkan ketagihan.

Dr. Anish Sheth, spesialis saluran cerna dari Princeton University yang juga menulis buku 'What's Poo Telling You?' mengatakan bahwa 'poo-phoria' dipicu oleh gerakan usus saat mengeluarkan kotoran. Semakin besar massa kotoran yang keluar, semakin besar kuat gerakannya.

Saat gerakan tersebut begitu kuat untuk meregangkan dubur, maka muncullah stimulasi saraf vagus. Saraf yang sama juga terstimulasi saat mengalami orgasme secara seksual. Dengan alasan itulah, kepuasan BAB bisa disamakan dengan orgasme secara seksual.

"Buat beberapa orang, rasanya mungkin seperti pengalaman relijius. Bagi sebagian yang lain, rasanya seperti orgasme. Berutung bagi sebagian yang lain lagi, rasanya seperti dua-duanya," kata Dr. Sheth, seperti dilansir laman Mirror, Senin (31/3).

Dr. Sheth menjelaskan bahwa poo-phoria disebabkan oleh denyut jantung dan tekanan darah yang drop saat kotoran melewati usus. Kondisi ini membuat aliran darah ke otak ikut menurun sehingga berbagai memunculkan perasaan-perasaan yang tidak biasa.

"Relatif aman, tapi bisa menyebabkan ketagihan pada beberapa orang," pungkas Dr. Sheth.(fny/jpnn)


ASALKAN lancar, BAB (Buang Air Besar) selalu memberi kepuasan tersendiri berupa perasaan lega. Apalagi setelah kebelet berjam-jam karena belum sempat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News