Kepulauan Seribu Komit Wujudkan Jakarta Baru

Kepulauan Seribu Komit Wujudkan Jakarta Baru
Kepulauan Seribu Komit Wujudkan Jakarta Baru
KEPULAUAN Seribu telah siap dan memantapkan diri untuk menjadi bagian obsesi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadikan Jakarta yang baru. Wilayah yang bergeografis kepulauan ini terentang dari pantai utara Jakarta hingga 100 mil laut ke arah utara.

Luas wilayahnya mencapai 11,81 kilometer persegi, dengan taburan pulau-pulau kecil yang jumlahnya mencapai 110 pulau. Berdasarkan Undang-Undang 34 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Kepulauan Seribu terbagi dalam dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Untuk memacu pengembangan, wilayah Kepulaun Seribu ditetapkan menjadi 4 zona.

Bupati Kepulauan Seribu, Achmad Ludfi, menerangkan wilayahnya, meliputi 78 pulau, dengan komposisi inti seluas 4.449 hektar, zona perlindungan seluas 26,298 hektar, zona wisata seluas 59,634 hektar, dan zona permukiman seluas 17,121 hektar. Pulau-pulau yang ada dibagi menjadi berbagai fungsi yakni 11 pulau untuk permukiman, 45 pulau wisata, 17 pulau cagar alam, 3 pulau cagar budaya, 26 pulau PHU penghijauan dan 4 pulau PHB pemerintahan khusus.

"Dari tahun ke tahun, jumlah penduduk Kepulauan Seribu secara relatif terus meningkat. Pada tahun 2001 saat satatus pemerintahannya menjadi kabupaten jumlah pendudukanya sekitar 19 ribu jiwa. Saat ini, penduduknya sekitar 24 ribu jiwa dengan tingkat pertumbuhan sebesar 3,5 persen. Pertumbuhan penduduk cukup pesat ini mengakibatkan rata-rata kepadatan meningkat,"ujarnya.

KEPULAUAN Seribu telah siap dan memantapkan diri untuk menjadi bagian obsesi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadikan Jakarta yang baru. Wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News