Kerugian Banjir Pabuaran Rp1,2 Miliar

Kerugian Banjir Pabuaran Rp1,2 Miliar
Kerugian Banjir Pabuaran Rp1,2 Miliar
PABUARAN-Banjir yang melanda Desa Karanghegar Kecamatan Pabuaran yang terjadi 24 Desember lalu menyisakan kesedihan dan kerugian bagi para petani tambak ikan atau empang.Kerugian hampir 4 hektare kolam ikan di dua dusun yakni Dusun Dukuh dan Babakan Buer diduga mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Kepala Desa Karanghegar Casmita SPdI mengatakan, kerugian bisa dihitung dari rincian pakan tiap hektar yaitu sekitar 300Kg dengan harga perkilonya Rp1 juta, sedangkan untuk satu hektare mencapai Rp. 300 juta. “Jika  empat hektar berarti mencapai Rp1,2 miliar. Itu untuk pakannya saja,” bebernya.

Sedangkan untuk benih ikan per hektar, lanjutnya,  berisi 20 liter benih ikan dengan harga Rp100 ribu untuk satu hektar bisa mencapai Rp2 juta maka mencapai Rp 8 juta untuk benih ikan. “Jadi total keseluruhan kerugian petani tambak ikan yang tersapu banjir di Desa Karanghegar Kecamatan Pabuaran ini mencapai Rp1. 208.000.000,” ujar Kades.

Sementara untuk kerugian material bangunan dari toko bangunan pringkasap yang merendam 75 sak semen mencapai Rp4.125.000. “Saya berharap pemerintah Kabupaten Subang memberikan perhatian dan bantuannya agar para petani tambak di Desa Karanghegar ini bisa kembali melakukan aktivitas pembudidayaan ikan agar kehidupan ekonomi masyarakat petani tambak ikan bisa terus berjalan,” ujarnya.(hya)
Berita Selanjutnya:
Sumut Kehilangan Rp300 M

PABUARAN-Banjir yang melanda Desa Karanghegar Kecamatan Pabuaran yang terjadi 24 Desember lalu menyisakan kesedihan dan kerugian bagi para petani


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News