Kesenjangan Jawa-Luar Jawa Picu Pemekaran

Kesenjangan Jawa-Luar Jawa Picu Pemekaran
Kesenjangan Jawa-Luar Jawa Picu Pemekaran
JAKARTA – Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menegaskan, kuatnya aspirasi pemekaran yang terjadi di luar Pulau Jawa pasca-tumbangnya Orde Baru disebabkan karena terjadinya perbedaan perlakuan pemerintah yang sangat tajam antara Jawa dan luar Jawa.

“Semenjak kemerdekaan, pemerintah terlalu fokus membangun Pulau Jawa. Sementara Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan wilayah timur lainnya dimarginalkan,” tegas Anwar Adnan Saleh, dalam diskusi Agenda 23: Wacana dari Slipi, yang berlangsung di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (24/2).

Apalagi di wilayah Indonesia timur, pemerintah malah membentuk sebuah kementerian yang khusus mengurusi percepatan pembangunan di wilayah tersebut. "Sementara hasilnya jauh dari apa yang kita harapkan bersama," kata Anwar dalam diskusi yang juga menghadirkan Gubernur Riau Rusli Zainal, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Walikota Makassar serta Bupati Muna itu.

Dijelaskannya, sebelum Sulawesi Barat dimekarkan, tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakatnya hanya 4,6 persen. "Setelah dimekarkan pada Oktober 2004, rata-rata pertumbuhan ekonomi per Desember 2008 mencapai angka 7,8 persen," tegas Anwar pula.

JAKARTA – Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menegaskan, kuatnya aspirasi pemekaran yang terjadi di luar Pulau Jawa pasca-tumbangnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News