Keterlibatan Aktif Masyarakat Berperan Penting Dalam Pembangunan IKN

Keterlibatan Aktif Masyarakat Berperan Penting Dalam Pembangunan IKN
Penampakan Ibu Kota Nusantara atau IKN. Ilustrasi Foto: IKN

jpnn.com, MAKASSAR - Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya membangun dialog dan keterlibatan aktif masyarakat dalam pembangunan IKN lewat CreativeTalks Pojok Literasi Temu Influencer dengan tema “Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN?” di Makassar, Sulawesi Selatan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Septriana Tangkary menyampaikan Kemenkominfo berperan dalam merancang sistem jaringan internet, mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan penyediaan Pusat Data Nasional (PDN).

“PDN akan digunakan untuk penempatan sistem elektronik dan komponen terkait lainnya guna keperluan penempatan, penyimpanan, pengolahan dan pemulihan data serta akan digunakan secara bagi pakai oleh instansi pusat dan pemerintah daerah, dan saling terhubung. PDN akan dibangun di tiga lokasi yaitu Bekasi, Batam, dan IKN,” ujar Septriana.

Dia juga menyampaikan bahwa banyak sekali berita atau informasi yang tidak benar atau bahkan hoaks tentang pembangunan IKN.

Untuk menghadapi tantangan ini, pemerintah tidak lelah untuk terus mengomunikasikan secara persuasif kepada masyarakat.

“Cara agar bisa membedakan informasi faktual dengan hoaks yaitu kembangkan rasa penasaran, jangan menyebarkan berita tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Lalu, hati-hati dengan judul yang provokatif, perhatikan keaslian foto, periksa keaslian berita, dan segera adukan ke Kemenkominfo apabila menemukan berita hoaks melalui web aduankonten.id dan media sosial aduankonten,” tutur Septriana.

Namun, dia menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan bantuan dari masyarakat, untuk menyebarluaskan informasi faktual dan berita positif mengenai pembangunan IKN.

Kepala Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Firmananur mengingatkan bahwa pembangunan IKN mengedepankan prinsip green atau ramah lingkungan. Sekitar 70 persen area IKN akan tetap diisi kawasan hutan. 

Kemenkominfo berperan dalam merancang sistem jaringan internet, mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan penyediaan Pusat Data Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News