Ketua MPR Dorong Pemda Kenali Potensi Bencana

Ketua MPR Dorong Pemda Kenali Potensi Bencana
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong semua pemerintah daerah (pemda) mengenali potensi ancaman atau bencana di daerahnya masing-masing.

Sebab, ujar dia, dengan mengenali potensi maka setiap pemda bisa merancang strategi penanggulangan bencana yang terjadi akibat cuaca ekstrem.

Menurut Bamsoet, selain peningkatan aktivitas Gunung Merapi, rangkaian gempa bumi dan banjir yang melanda beberapa wilayah akhir-akhir ini menjadi faktor pengingat bahwa semua sedang berada dalam periode dengan potensi gangguan alam yang ekstrem.

"Semua pemda bersama BPBD-nya diminta siaga dan antisipatif," kata Bamsoet, Senin (2/11).

Ketua DPR ke-20 ini mengamati dan mencatat rangkaian gempa bumi yang terjadi akhir-akhir ini. Misalnya, Minggu (1/11) malam, gempa bumi berkekuatan empat magnitudo nengguncang wilayah Kabupaten Bandung. Minggu siang, warga Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, juga merasakan guncangan gempa berkekuatan 6,3 magnitudo.

Beberapa hari sebelumnya, Kabupaten Pangandaran juga diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,9 magnitudo, yang getarannya dirasakan warga Jawa Barat dan Jawa Tengah di 17 wilayah.

Kewaspadaan Pemda DIY Yogyakarta dan Jawa Tengah juga perlu ditingkatkan untuk merespons tingginya aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini.

Bamsoet  mengapresiasi antisipasi oleh pemerintah Kabupaten Boyolali terkait kemungkinan meletusnya Gunung Merapi.

Bamsoet meminta pemda mengenali potensi bencana di wilayah masing-masing, supaya bisa merancang strategi penanggulangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News