Ketua MPR: Indonesia dan Malaysia Harus Jaga Persahabatan

Ketua MPR: Indonesia dan Malaysia Harus Jaga Persahabatan
Ketua MPR: Indonesia dan Malaysia Harus Jaga Persahabatan
JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, Taufiq Kiemas memuji sikap sabar pemerintahan Malaysia dalam menghadapi kecaman dari Indonesia terkait tudingan klaim sejumlah seni budaya yang dilakukan Malaysia. Padahal, kata Taufiq Kiemas, yang dilakukan Malaysia hanya sebatas penegasan bahwa berbagai kesenian itu berasal dari Indonesia dan berkembang di Malaysia untuk kepentingan bantuan anggaran.

"Tadi dijelaskan langsung oleh Wakil Perdana Menteri Tan Sri Dato" Muhyiddin bin Haji Mohd Yassin bahwa Malaysia bukan mengklaim berbagai kesenian itu sebagai warisan budaya mereka. Yang mereka tegaskan kesenian itu berkembang di Malaysia berasal dari Indonesia," kata Taufiq Kiemas, usai menerima delegasi Malaysia, di kediamannya, kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (3/7).

Perlunya penegasan tersebut dibuat oleh Malaysia, menurut Ketua MPR untuk kepentingan bantuan anaggaran terhadap berbagai jenis seni budaya yang ada di Malaysia. Mengenai asal-usul, Malaysia tetap menyebutkan negaranya.

"Kalau di Indonesia ini seperti Baronsai. Itu kan jelas kesenian asal China tapi tumbuh dan berkembang di Indonesia," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, Taufiq Kiemas memuji sikap sabar pemerintahan Malaysia dalam menghadapi kecaman dari Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News