Ketua MPR RI Test Drive Mobil dan Motor Listrik di Sirkuit Sentul

Ketua MPR RI Test Drive Mobil dan Motor Listrik di Sirkuit Sentul
Foto: Humas MPR

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mencoba mobil listrik official car IMI, Hyundai IONIQ, serta motor listrik listrik Bike Smart Electric (BS Elektrik) di lintasan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

Test drive dilakukan sebelum membuka kejuaraan balap motor Jakarta Race Community 2021 yang diselenggarakan IMI DKI Jakarta.

"Baik mobil ataupun motor listrik memiliki power yang tak kalah dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Bisa dipacu di lintasan balap. Tak heran jika kelak balapan otomotif akan makin diramaikan oleh kendaraan listrik. Sebagai pembuka, IMI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2022 berencana menggelar balapan Formula E, sebuah balapan mobil kursi tunggal yang menggunakan energi listrik," ujar Bamsoet usai mencoba Hyundai IONIQ dan motor BS Elektrik di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (28/2).

Turut hadir Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin, serta para pengurus IMI Pusat antara lain Badan Pembina sekaligus Presiden Direktur Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto, Badan Pembina Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna dan Prasetyo Edi Marsudi, Badan Pengawas Kombes Pol Syamsul Bahri, Wakil Ketua Umun Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Bendahara Umum Effendi Gunawan, dan Wakil Bendahara Umum Rudy Salim. Hadir pula Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, dan Ketua IMI Jawa Barat Fachrulzal Sarman.

Ketua ke-20 DPR RI ini menjelaskan, Dorna Sport selaku promotor MotoGP mulai tahun 2019 lalu juga sudah menambahkan balapan motor listrik yang dikenal dengan MotoE. Kehadirannya mendukung seri Gran Prix Balap Sepeda Motor Moto3, Moto2, dan MotoGP.

"Maraknya balapan kendaraan listrik menunjukkan bahwa kendaraan listrik mulai menjadi primadona pilihan transportasi masyarakat. Jika Indonesia tak bersiap diri dari sekarang, bisa tertinggal," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, untuk makin memeriahkan balapan kendaraan listrik, IMI juga akan menggelar balapan kendaraan listrik, baik motor dan mobil, antaruniversitas di Sirkuit Sentul.

Karena banyak sekali mahasiswa dari berbagai universitas yang sudah melahirkan prototype kendaraan listrik.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan mobil ataupun motor listrik memiliki power yang tak kalah dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News