Ketua Parlemen Australia Bayar Kembali Biaya Perjalanan Sewa Helikopter

Ketua Parlemen Australia Bayar Kembali Biaya Perjalanan Sewa Helikopter
Ketua Parlemen Australia Bayar Kembali Biaya Perjalanan Sewa Helikopter

KETUA Parlemen Australia Bronwyn Bishop akan membayar biaya perjalanan menyewa helikopter dari kantong pribadinya sebesar $ 5 ribu (sekitar Rp 50 juta) setelah mendapat kritikan karena biaya tersebut dibebankan kepada negara.

Sebagai anggota parlemen, biaya perjalanan Bishop ditanggung oleh negara, dan dalam laporan biaya perjalanan selama enam bulan di paruh kedua tahun 2014, ada item penyewaan helikopter dari kota Melbourne ke Geelong sejauh 80 km yang dilakukan Bishop bulan November lalu.

Setelah mendapat keberatan dari beberapa anggota parlemen dari partai oposisi Partai Buruh sehari sebelumnya, hari Kamis (16/7) Bendahara Utama Australia Joe Hockey juga mengatakan perjalanan helikopter untuk menghadiri acara pengumpulan dana tersebut 'tidak benar' dan meminta kepada Bishop untuk memberikan penjelasan.

Kantor Bishop hari Kamis sore mengeluarkan pernyataan pendek mengatakan dia akan membayar biaya sewa helikopter itu dari kantongnya sendiri.

"Saya hari ini menulis kepada Menteri Khusus Negara dengan mengindikasikan saya akan membayar Departemen Keuangan, biaya yang berkenaan dengan penyewaan pesawat 5 November 2014." katanya.

"Walau saya memahami bahwa biaya perjalanan ini masih sesuai dengan peraturan, namun untuk menghindari keraguan, saya akan membayar kembali."

Pernyataan itu muncul setelah para menteri utama pemerintah, termasuk Joe Hockey dan Menteri Sosial Scott Morrison mengatakan Bishop harus memberikan keterangan mengenai penyewaan helikopter ini.

Foto dari wartawan menunjukkan Bishop turun dari helikopter di klub golf Clifton Springs di dekat Geelong.

KETUA Parlemen Australia Bronwyn Bishop akan membayar biaya perjalanan menyewa helikopter dari kantong pribadinya sebesar $ 5 ribu (sekitar Rp 50

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News