Kewenangan Gubernur akan Diperkuat

Kewenangan Gubernur akan Diperkuat
Kewenangan Gubernur akan Diperkuat
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berniat bakal memperkuat peran gubernur. Sebab katanya, selama ini peran gubernur seringkali tumpang-tindih dengan pejabat tinggi departemen. Selain itu, kebijakan tersebut juga dirancang agar alur perizinan daerah bisa langsung diselesaikan di tingkat provinsi.

Oleh karena itu, Departemen Dalam Negeri (Depdagri) pun mengundang para gubernur untuk melakukan rapat koordinasi bersama di Pekanbaru, Riau, mulai hari ini (21/12) hingga Selasa besok. Salah satu tujuannya itu untuk mendorong agar peran gubernur di daerah lebih kuat, dalam arti tidak semuanya harus mengandalkan pusat.

"Gubernur adalah perwakilan pemerintah di daerah. Kita harus terus mendorong peran mereka," kata mantan Gubernur Sumatera Barat itu, saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Gamawan, selama ini peran gubernur memang seringkali beririsan dengan pejabat tinggi departemen. Beberapa peraturan pun masih harus mendapat tanda tangan dari pusat. Akibatnya, kata Gamawan pula, hal itu menghalangi upaya percepatan izin daerah.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berniat bakal memperkuat peran gubernur. Sebab katanya, selama ini peran gubernur seringkali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News