Khotbah Jumat Amirsyah Tambunan di Masjid PP Muhammadiyah Singgung Pengelolaan Tambang Berbasis Moral

Khotbah Jumat Amirsyah Tambunan di Masjid PP Muhammadiyah Singgung Pengelolaan Tambang Berbasis Moral
Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Pusat Muhammadiyah Amirsyah Tambunan. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Pusat Muhammadiyah Amirsyah Tambunan menyampaikan khotbah Jumat yang mengangkat tema penting mengenai pengelolaan sumber daya alam. 

Khotbah itu disampaikan di Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (5/7).

Amirsyah mengawali khotbahnya dengan mengutip beberapa dalil Al-Qur'an yang menekankan pentingnya pengelolaan sumber daya alam, salah satunya mengenai besi dalam Quran Surat Al-Hadid, Ayat 25. 

"Kami telah menurunkan besi yang mempunyai kekuatan hebat dan banyak manfaat bagi manusia," kata Amirsyah mengutip ayat tersebut. 

Dia menjelaskan ayat ini menegaskan betapa besar anugerah yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia berupa komoditas pertambangan seperti batu bara, minyak bumi, hingga nikel.

"Kekayaan alam yang berlimpah ini adalah titipan Allah kepada manusia, yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan umat," lanjutnya.

Dia menekankan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam bidang pertambangan harus digunakan untuk kemaslahatan umum, bukan hanya untuk kepentingan segelintir orang.

Lebih lanjut, Amirsyah juga menyoroti bagaimana aktivitas pertambangan yang selama ini cenderung merusak lingkungan harus segera dihentikan.

Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf PP Muhammadiyah Amirsyah Tambunan menyampaikan khotbah Jumat bertema pengelolaan tambang berbasis moral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News