KIC Rilis Temuan Survei di 6 Provinsi, Hasilnya Mengejutkan

KIC Rilis Temuan Survei di 6 Provinsi, Hasilnya Mengejutkan
KataData Insight Center (KIC) merilis temuan hasil survei Pilkada 2024 di enam provinsi, hasilnya mengejutkan. Foto: Dokumentasi KIC

jpnn.com, JAKARTA - Manager KataData Insight Center (KIC) Satria Triputra Wisnumurti mengatakan dalam potret riset yang dilakukan oleh pihaknya menemukan nama-nama-nama bakal calon gubernur di Pilkada 2024 yang diprediksi bakal menang di masing-masing daerah.

Misalnya saja ada nama Airin Rachmi Diany di Banten, Dedi Mulyadi (Jawa Barat), Khofifah Indar Parawansa (Jawa Timur) dan Bobby Nasution (Sumatera Utara) mendominasi elektabilitas di masing-masing daerah.

Namun, untuk Pilgub Jakarta dan Jawa Tengah, masing-masing pasangan Pramono Anung dan Ridwan Kamil masih berebut suara di segmentasi pemilih tertentu.

Di Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Andika Perkasa masih berimbang.

“Temuan tersebut mengindikasikan bahwa Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara telah memiliki kandidat gubernur yang kuat. Namun, di Jakarta dan Jawa Tengah masih terjadi pertarungan ketat,” kata Satria Triputra Wisnumurti di diskusi Rilis Katadata Telco Survey, Kamis (19/9).

Selain elektabilitas, analisis survei juga dilakukan dengan kacamata telco behavior.

Segmentasi pemilih dipilah berdasarkan pola perilaku pemilih dalam penggunaan telekomunikasi.

Pemilahan ini membentuk dua belas segmentasi yang menjadi dasar untuk menganalisis elektabilitas para pasangan calon di tiap provinsi.

KataData Insight Center (KIC) merilis temuan survei Pilkada 2024 di 6 provinsi, hasilnya mengejutkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News