Kim Jong-il Makin Misterius

Spekulasi Media Jepang Tak Terbukti

Kim Jong-il Makin Misterius
Kim Jong-il Makin Misterius
SEOUL – Pemberitaan media Jepang mengenai pengumuman penting yang akan disampaikan Korea Utara ternyata tidak terbukti. Otoritas Korea Selatan menyatakan, tidak ada aktivitas berarti di negeri tetangga mereka itu sepanjang Senin (20/10).

Sebelumnya, harian Jepang, Sankei, berani berspekulasi bahwa pengumuman penting itu berkaitan dengan pemimpin Korut Kim Jong-il yang kemungkinan sudah meninggal. Atau, minimal tentang perubahan pemerintahan. Sankei juga menulis, pemerintah Korut bakal melarang warga asing memasuki negeri mereka pada hari pengumuman itu, yakni kemarin.

Harian beroplah terbesar di Negeri Sakura, Yomiuri Shimbun, juga menurunkan laporan senada. Yomiuri melaporkan, para diplomat Korut di luar negeri diminta tidak meninggalkan pos masing-masing karena akan ada pengumuman penting. Diperkirakan, pengumuman itu berkaitan dengan kondisi kesehatan Kim atau mengenai hubungan Korut-Korsel. 

Kim Jong Il tak pernah muncul di depan publik sejak pertengahan Agustus lalu. Dia juga tak menghadiri dua perayaan penting di negaranya. Inilah yang menimbulkan berbagai spekulasi. Korsel menduga Kim kena stroke dan harus menjalani operasi otak, tapi Korut menepis kabar itu.

SEOUL – Pemberitaan media Jepang mengenai pengumuman penting yang akan disampaikan Korea Utara ternyata tidak terbukti. Otoritas Korea Selatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News