Kinerja Enam Kementerian Memble

Semester Pertama, Serapan Anggaran Kurang dari 20 Persen

Kinerja Enam Kementerian Memble
Kinerja Enam Kementerian Memble
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampaknya perlu mengevaluasi kinerja kabinet. Dari temuan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), selama 2012 ada enam kementerian yang berpredikat "pemalas" karena kinerja buruk dalam merealisasikan rencana anggaran.

"Enam kementerian itu baru menyerap kurang dari 20 persen anggaran hingga pertengahan 2012," kata Koordinator Riset Fitra Maulana kemarin (23/12).

Enam kementerian itu adalah Kemenko Kesra (serapan rencana anggaran 19,3 persen), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (17,8 persen), Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (10,9 persen), Kementerian ESDM (10,8 persen), Kemenpora (4,2 persen), dan Kementerian Perumahan Rakyat (1,9 persen).

Menurut Maulana, kesimpulan itu berdasar Laporan Realisasi Anggaran Semester I Terhadap Kinerja Anggaran Kementerian 2012. Besaran persentase yang dirilis sudah dibandingkan dengan nilai APBN-Perubahan. "Rendahnya penyerapan anggaran ini mengindikasikan kinerja kementerian yang malas dalam merealisasikan program kegiatan yang telah disusunnya," kritik Maulana.

Berdasar data Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu, realisasi belanja pemerintah pusat per 30 November 2012 baru mencapai Rp 778,9 triliun atau 72,8 persen dari belanja pemerintah pusat pada APBN-Perubahan sebesar Rp 1.069,5 triliun. Jadi, kata Maulana, terdapat anggaran Rp 290 triliun yang belum direalisasikan.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampaknya perlu mengevaluasi kinerja kabinet. Dari temuan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News