Klaim Ibas tak Urusi Dana Kongres Demokrat

Klaim Ibas tak Urusi Dana Kongres Demokrat
Edhie Baskoro Yudhoyono. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -  Edhie Baskoro Yudhoyono, yang namanya mulai dikait-kaitkan dengan duit proyek Hambalang, mendapat pembelaan dari sejumlah kader Partai Demokrat. Pria yang akrab dipanggil Ibas itu disebut tidak mengurusi dana Kongres Partai Demokrat 2010 di Bandung, Jawa Barat.

Saat Kongres, Ibas yang kini menduduki kursi sekjen PD itu merupakan Ketua Steering Comittee (SC)

Mantan Ketua Penyelenggara Kongres PD 2010 Didik Mukrianto mengatakan, Steering Committee Kongres sama sekali tidak terkait dengan aliran dana apapun selama penyelenggaraan kegiatan.
 
Domain SC, katanya,  lebih berkaitan dengan materi kongres dan kelancaran acara dibanding dengan teknis penyelenggaraan kongres tersebut.

"Secara otomatis, para kader yang bertugas sebagai SC, termasuk Sekjen Edhie Baskoro, tidak bersinggungan dengan dana pembiayaan kongres atau semacamnya,” ujar Didik dalam keterangannya di Jakarta, Jum’at (17/1).

"Salah kaprah menyeret-nyeret nama mas Ibas dalam masalah uang penyelenggaraan kongres," imbuhnya lagi.
 
Didik yang beberapa waktu lalu pun sempat memenuhi panggilan KPK sebagai saksi, telah menyatakan kepada penyidik bahwa pendanaan kongres itu sepenuhnya digalang dari dana pribadi partai yang berpusat di DPP Partai.
 
Anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul pun menyindir pihak yang mempersoalkan Ibas dalam kongres ini. Menurutnya, pihak-pihak yang mempersoalkan ini tidak paham organisasi sehingga tidak bisa membedakan antara tugas dan kewenangan SC serta OC.
 
“Saya pernah ditanya juga, siapa penanggung jawab teknis. Saya terangkan, teknis itu Ketua Organizing Committee (OC) Mas Didik (Didik Mukriyanto). SC itu mengurusi materi, jelas keduanya berbeda. Jadi kalau Mas Ibas itu tidak ada kaitan," kata Ruhut. (sam/jpnn)

 


JAKARTA -  Edhie Baskoro Yudhoyono, yang namanya mulai dikait-kaitkan dengan duit proyek Hambalang, mendapat pembelaan dari sejumlah kader Partai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News