Kodam Jaya Ungkap Pemilik Mobil Dinas TNI AD di TKP Uang Palsu Rp 22 Miliar

Kodam Jaya Ungkap Pemilik Mobil Dinas TNI AD di TKP Uang Palsu Rp 22 Miliar
Polda Metro Jaya mengungkapkan peredaran uang palsu Rp22 miliar atau uang kertas Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (21/6/2024). ANTARA FOTO/Reno Esnir

jpnn.com, JAKARTA - Polisi mendapati mobil dinas TNI AD di tempat kejadian perkara (TKP) percetakan uang palsu senilai Rp 22 miliar di Jakarta Barat pada Sabtu (15/6).

Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya) menegaskan mobil dinas tersebut milik seorang purnawirawan.

"Akan tetapi, pemiliknya adalah Kolonel CHB (Purn) R Djarot yang sudah pensiun pada 2021," kata Kepala Penerangan Daerah Militer Kodam (Kapendam) Jaya Kolonel Infanteri Deki Rayusyah Putra dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat.

Deki membenarkan mobil TNI berwarna hijau serta berpelat dinas 75345-03 itu benar berada di Jalan Srengseng Raya, Nomor 3 RT 1/RW 8, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat pada 15 Juni 2024 itu.

"Mobil itu juga terdaftar di Kepala Peralatan Kodam Jaya (Kapaldam Jaya) yang berhak mengeluarkan nomor dinas," katanya.

Namun, nomor dinas tersebut terdaftar pada 2020 dan masanya habis di 2021 sehingga sudah tidak sah lagi digunakan.

Dikatakannya, pelaku berinisial FF yang menggunakan mobil itu masih memiliki hubungan keluarga dengan pensiunan TNI tersebut.

"Mobil tersebut berada di TKP dipinjam oleh keluarganya, yakni salah satu tersangka yang diparkir di samping TKP," ujarnya.

Polisi mendapati mobil dinas TNI AD di tempat kejadian perkara (TKP) percetakan uang palsu senilai Rp 22 miliar di Jakarta Barat pada Sabtu (15/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News