Komitmen Perangi Narkotika, Bea Cukai Tanjung Emas Musnahkan 12 Kg Sabu-Sabu

Komitmen Perangi Narkotika, Bea Cukai Tanjung Emas Musnahkan 12 Kg Sabu-Sabu
Bea Cukai Tanjung Emas dan Ditresnarkoba Polda Jateng melaksanakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi pada rabu (23/10). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SEMARANG - Bea Cukai Tanjung Emas dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah melaksanakan pemusnahan barang bukti 12 kilogram narkotika golongan I jenis sabu-sabu dan ekstasi pada Rabu (23/10).

Belasan kilogram barang terlarang tersebut merupakan hasil pengungkapan tindak pidana narkotika oleh Bea Cukai Tanjung Emas pada 14 September 2024 lalu.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Tri Utomo Hendro Wibowo mengungkapkan barang bukti sabu-sabu ditemukan pihaknya dalam 24 paket yang disembunyikan di dalam dua kotak kardus bersama dengan telepon genggam dan barang bukti lainnya pada September lalu.

Selain barang bukti tersebut, pihaknya juga mengamankan tersangka berinisial VS di daerah Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Proses pemusnahan barang bukti yang berlangsung di Mako Ditresnarkoba Polda Jateng di Semarang tersebut dilakukan dengan melarutkan sabu ke dalam larutan asam sulfat.

Metode ini digunakan karena sifat korosif asam sulfat yang mampu merusak struktur kimia, sehingga dapat menghancurkan narkotika tersebut.

Setelah proses pelarutan, larutan asam sulfat dinetralkan untuk memastikan tidak ada sisa yang membahayakan lingkungan.

Tri Utomo menyampaikan pemusnahan ini menunjukkan komitmen bersama antara Bea Cukai dan Polri dalam pemberantasan narkotika.

Bea Cukai Tanjung Emas dan Ditresnarkoba Polda Jateng melaksanakan pemusnahan barang bukti narkotika hasil penindakan yang dilaksanakan pada 14 September 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News