Komnas HAM Datangi TKP Kasus Vina, Bertemu Saksi Kunci Ini

Komnas HAM Datangi TKP Kasus Vina, Bertemu Saksi Kunci Ini
Komisioner Komnas HAM Anis Hidayah (tengah) saat meninjau TKP kasus pembunuhan Vina di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (19/6/2024) petang. ANTARA/Fathnur Rohman.

jpnn.com, CIREBON - Tim Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meninjau langsung tempat kejadian perkara (TKP) kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita di Cirebon, Jawa Barat.

Kedatangan Komnas HAM untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam menangani aduan dari kuasa hukum korban.

Komisioner Komnas HAM Anis Hidayah mengatakan pengumpulan informasi itu menjadi bagian penting yang harus dilakukan agar aduan dari pihak korban bisa diselesaikan secara transparan.

Dia menyebut Komnas HAM telah mendatangi sejumlah lokasi terutama di kawasan Majasem, Kota Cirebon, yang berkaitan erat dengan kronologi kejadian pembunuhan pada Agustus 2016 itu.

“Kami menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan ke Komnas HAM terkait perkara ini, sehingga kami membutuhkan lebih banyak informasi dan keterangan,” ujarnya Anis di Cirebon, Rabu (19/6).

Selain meninjau TKP, kata Anis, Komnas HAM sudah meminta keterangan dari 27 orang saksi dan pihak terkait lainnya untuk mempercepat proses penanganan aduan tersebut.

Adapun penggalian informasi ini melibatkan keluarga dan kuasa hukum korban di Cirebon, serta para terpidana kasus Vina.

Anis juga telah menemui salah satu saksi kunci pada kasus Vina, yakni Liga Akbar yang merupakan teman dari Muhammad Rizky Rudiana alias Eky anaknya Iptu Rudiana (korban pembunuhan selain Vina) untuk dimintai keterangan.

Tim Komnas HAM telah mendatangi TKP kasus Vina Cirebon dan bertemu saksi kunci yang merupakan teman Eky, anak Iptu Rudiana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News