Kondisi Jalan 95 Persen Oke

Kondisi Jalan 95 Persen Oke
Kondisi Jalan 95 Persen Oke
SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, di beberapa titik jalur mudik selalu terjadi kemacetan akibat adanya sisa-sisa perbaikan jalan. Namun, Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) menjamin bahwa sejak H-10 lalu kondisi jalan dan jembatan di jalur mudik sudah siap dan aman untuk dilalui.

"Perbaikan sudah habis, tidak ada lagi kegiatan perbaikan jalan di jalur-jalur mudik. Kondisinya secara umum sudah 90 sampai 95 persen mantap. Mantap di sini artinya kondisi jalan baik, tapi memang masih ada yang sedang," ujar Menteri PU Djoko Kirmanto kemarin (13/8). Karena itu, dia meyakinkan bahwa mudik tahun ini akan lancar dan minim hambatan.

Terkait dengan selesainya semua perbaikan dan rehabilitasi jalan, Djoko menegaskan bahwa seluruh kendaraan berat yang digunakan para pekerja sudah disingkirkan dari badan jalan supaya tidak menghalangi pemudik. "Sejak H-10 seluruh kendaraan untuk perbaikan jalan sudah harus ditarik semua. Sebab, sekarang ini sudah tidak ada lagi kegiatan perbaikan di jalan," tandasnya.

Wakil Menteri PU Hermanto Dardak menambahkan, penanganan jalan tidak dilakukan karena mendekati Lebaran. Menurut dia, penanganan jalan itu merupakan hal yang rutin dilakukan. Sebab, ada 38.500 kilometer jalan nasional dan 200 ribuan jalan provinsi sehingga wajar jika ada sebagian yang rusak. "Setiap saat, setiap tahun, pasti ada perbaikan," katanya.

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, di beberapa titik jalur mudik selalu terjadi kemacetan akibat adanya sisa-sisa perbaikan jalan. Namun, Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News