Koordinasi Pemda- Kementerian Teknis Lemah

Koordinasi Pemda- Kementerian Teknis Lemah
Koordinasi Pemda- Kementerian Teknis Lemah
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memiliki penilaian tersendiri tentang belum maksimalnya pembangunan di daerah-daerah. Menurutnya, hal tersebut disebabkan koordinasi antara kementerian teknis dengan pemerintahan daerah (pemda) masih belum berjalan dengan baik.

Gamawan mengatakan, pemda tidak bisa disalahkan sepenuhnya atas banyaknya persoalan seperti akuntabilitas pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan daerah dan belum maksimalnya anggaran pemerintah untuk kepentingan publik.

"Kementerian teknis juga punya andil terhadap kelemahan yang terjadi di daerah. Misalnya kurangnya koordinasi, belum sepenuhnya menyusun norma, standar, pedoman dan kriteria pelaksanaan pelimpahan kewenangan pada daerah," kata Gamawan. Lebih lanjut dirinya menerangkan bahwa yang termasuk dalam kementerian teknis di antaranya adalah Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan masih banyak lagi.

Untuk itu, menurut Gamawan, perlu diterapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah. Misalnya menekanan pada penyelesaian peraturan daerah mengenai APBD yang harus tepat waktu. Dengan demikian, diharapkan penyerapan APBD untuk program pembangunan dapat berjalan dengan maksimal.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memiliki penilaian tersendiri tentang belum maksimalnya pembangunan di daerah-daerah. Menurutnya, hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News