Korut di Ambang Suksesi

Adik Ipar Kim Berpeluang Memimpin Korea Utara

Korut di Ambang Suksesi
Korut di Ambang Suksesi
SEOUL - Menyusul berita sakitnya Kim Jong-il, di Korea Utara (Korut) mulai muncul spekulasi tentang siapa yang akan menggantikan Kim. Analis juga mulai menimbang-nimbang kemungkinan adik ipar Kim sendiri, Jang Song Taek yang akan meneruskan tampuk pimpinan tertinggi Korut. Kim sendiri hingga saat ini tak menikah, sehingga tidak memiliki keturunan resmi. Karena itu, tradisi dinasti Kim memimpin Korut bakal terputus.

''Jang dapat memainkan peran penting dalam kepemimpinan kolektif, karena dia adalah seseorang yang bisa menyatukan militer dan partai secara seimbang,'' ujar Hong Hyun-ik dari Sejong Research Institute, Korea Selatan (Korsel).

Selama ini, Jang mengepalai semua kantor Departemen Partai Buruh yang cukup kuat. Selain itu, dia membawahi Badan Intelijen Militer dan Institusi-Institusi terkait lain. Betapapun, bila politisi kelahiran 2 Februari 1946 tersebut memang benar akan menduduki posisi puncak, dia hanya akan menjadi pemimpin kolektif semata. Bukannya pemimpin absolut Korut, layaknya Kim Jong-il maupun Kim Il-sung. Pernyataan tersebut datang dari beberapa ahli di Seoul.

''Dalam struktur kepemimpinan, yang paling bisa diandalkan memang seseorang yang masih mempunyai hubungan keluarga,'' kata Koh Yu-hwan, pakar Korut dari Dongguk University, Korsel. ''Dia (Jang) adalah nomor 2.''

SEOUL - Menyusul berita sakitnya Kim Jong-il, di Korea Utara (Korut) mulai muncul spekulasi tentang siapa yang akan menggantikan Kim. Analis juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News