KPK Bidik Pejabat ESDM dan Pertamina

Dugaan Suap Innospec Masuk Tahap Penyelidikan

KPK Bidik Pejabat ESDM dan Pertamina
KPK Bidik Pejabat ESDM dan Pertamina
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langusng bergerak cepat menangani dugaan suap kepada para pejabat di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina yang disebut menerims yap dari perusahaan minyak asal Inggris, Innospec Inc,. Kini, KPK sudah langsung melakukan penyelidikan.

Juru bicara KPK, Johan Budi, mengungkapkan bahwa KPK telah banyak mengumpulkan bahan dan keterangan dalam kasus tersebut. "KIta sudah melakukan gelar perkara dugaan dan hasilnya, statusnya kita naikkan ke penyelidikan," ujar Johan di KPK, Rabu (31/3).

Untuk diketahui, sebelumnya pihak Innospec Inc menyampaikan pengakuan di depan Pengadilan Southwark Crown, Inggris, perihal suap dari perusahaan yang berbasis di di Ellesmere Port itu kepada pejabat di ESDM dan Pertamina. Suap itu diberikan terkait penjualan tetraethyl lead (TEL) untuk bensin bertimbel. 

Berdasarkan putusan pengadilan Southwark Crown, Innospec terbukti telah melakukan penyuapan. Adapun pihak di kementrian ESDM yang disebut menerima suap adalah mantan Dirjen Minyak dan Gas, Rahmat Sudibyo. Sementara pejabat pertamina yang disuap itu adalah Direktur Pengolahan Pertamina Suroso Atmomartoyo.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langusng bergerak cepat menangani dugaan suap kepada para pejabat di Kementrian Energi dan Sumber Daya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News