KPK Pastikan Sekjen ESDM Masih di Indonesia

KPK Pastikan Sekjen ESDM Masih di Indonesia
KPK Pastikan Sekjen ESDM Masih di Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Waryono Karno masih berada di Indonesia. Karenanya KPK membantah kabar yang menyebut Waryono sudah ada di Singapura.

Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi, nama Waryono sudah masuk dalam daftar cegah di Imigrasi sesuai permintaan KPK. "Yang pasti masih di Indonesia, belum tahu apakah masih di Jakarta atau tidak," ujar Johan di Kantor KPK, Senin (9/9).

Menurutnya, keberadaan Waryono bisa diketahui bila sudah dijadwalkan untuk diperiksa oleh penyidik KPK. Kendati demikian, sampai saat ini belum ada jadwal pemeriksaan Waryono. "Kita baru tahu apakah masih di Indonesia kalau Sekjen sudah dipanggil," bebernya.


Lantas mengapa KPK belum memeriksa Waryono? "Mungkin penyidik lebih mendahulukan saksi yang lain," kata Johan.

Kendati demikian, Johan memastikan bahwa Waryono akan dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. "Tapi nanti pasti dipanggil," tegasnya.


Seperti diketahui, Waryono sudah dicegah bepergian ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atas permintaan KPK sejak 29 Agustus 2013. Pencegahan itu terkait kepentingan penyidikan KPK atas kasus suap kepada Rudi Rubiandini.

Pencegahan itu juga dilakukan setelah KPK menemukan USD 200 ribu di ruang kerja Waryono saat melakukan penggeledahan dalam rangka pengembangan kasus suap ke SKK Migas. Bahkan dari informasi yang berkembang, penyidik KPK juga menemukan dokumen berupa catatan tangan yang di dalamnya berisi daftar nama-nama penerima uang. Saat ini baru tiga tersangka yang dijerat KPK. Yakni Rudi, pemilik PT Kernell Oil Simon G Tanjaya serta seorang pelatih golf yang diduga kurir Devi Ardi. Ketiganya sudah dijebloskan ke tahanan. (boy/jpnn)

 


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Waryono Karno masih berada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News