KPK Siap Bantu Pemda Selamatkan Aset

KPK Siap Bantu Pemda Selamatkan Aset
KPK Siap Bantu Pemda Selamatkan Aset
JAKARTA -- Selain menindak para koruptor, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga fokus pada upaya penyelamatan aset negara dan aset daerah yang dikuasai pihak-pihak yang tidak berhak. Wakil Ketua KPK Haryono Umar mengakui, untuk saat ini yang baru dilakukan KPK adalah upaya penyelamatan aset negara yang ada di Jakarta. Untuk yang di daerah baru menyentuh beberapa daerah saja, yang lain menunggu giliran lantaran keterbatasan jumlah pegawai di KPK.

Haryono mengatakan, upaya penyelamatan aset milik pemda akan lebih efektif jika pemda sudah memiliki data awal. Jadi, pemda mana yang sudah punya data, maka bisa langsung digarap KPK. Ini lantaran tidak mungkin seluruh daerah didatangi KPK. Contohnya Pemko Medan yang sudah mengantongi data awal, maka KPK bisa segera melakukan upaya penyelamatan.

"Kita yang intens baru di pusat. Daerah belum tersentuh karena tenaga kita terbatas. Kalau misal di Pemko Medan sudah ada data, nanti tinggal dikomunikasikan, bisa kerjasama dengan kita," ujar Haryono Umar kepada JPNN di Jakarta, kemarin (22/11).

Untuk langkah menuju kerjasama ini, lanjutnya, Pemko Medan bisa yang mengambil inisiatif mengajak KPK, atau sebaliknya. "Bisa dua-duanya. KPK bisa menunggu ajakan, atau bisa saja yang pro aktif," imbuh Haryono.

JAKARTA -- Selain menindak para koruptor, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga fokus pada upaya penyelamatan aset negara dan aset daerah yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News