KPK Sudah Diintervensi Sejak Proses Seleksi

KPK Sudah Diintervensi Sejak Proses Seleksi
KPK Sudah Diintervensi Sejak Proses Seleksi
JAKARTA - Hasil survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) mengungkap merosotnya tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu penyebab merosotnya kepercayaan publik, karena KPK dianggap tidak kebal dari intervensi.

Bahkan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, menilai proses intervensi sudah dimulai dari Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK. “Saya yakin ada intervensi terhadap Pansel. Saya saja diintervensi kok, ada LSM juga intervensi saya dengan menyampaikan aspirasi mereka agar saya tidak memilih calon ini atau calon lainnya disertai dengan argumen masing-masing,” kata Eva kepada pers di Gedung Nusantara III Komplek DPR RI Senayan Jakarta, Senin (8/8).

Namun Eva sendiri menganggap intervensi tersebut masih wajar. Sebab, kalaupun Pansel Capim KPK diintervensi nantinya calon yang diloloskan masih harus menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Eva menjamin seleksi oleh DPR RI akan lebih ketat dan transparan. “Saya lihat wajar saja, saringan kedua di DPR yang harus betul-betul dipilih siapa yang memang layak,” ucapnya.

JAKARTA - Hasil survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) mengungkap merosotnya tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News