KPU Ajak Kaum Perempuan Makin Berani jadi Politisi

KPU Ajak Kaum Perempuan Makin Berani jadi Politisi
KPU Ajak Kaum Perempuan Makin Berani jadi Politisi
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak kaum perempuan agar lebih berani mengambil bagian dalam proses politik di Indonesia, termasuk ikut berkompetisi dalam pemilihan umum DPR, DPD dan DPRD yang akan digelar 9 April 2014 mendatang. Ketua  KPU RI, Husni Kamil Manik, menyatakan bahwa demokrasi yang sehat, kuat dan produktif, harus memerhatikan kesetaraan dan keadilan gender.

"Perempuan saat ini memiliki peluang yang besar untuk menduduki kursi legislatif di berbagai tingkatan. Sebab secara demografi, penduduk Indonesia lebih banyak perempuan dibanding laki-laki," ujarnya di Jakarta, Minggu (21/4).

Hanya saja diakuinya, kekuatan politik perempuan belum terkonsolidasi dengan baik. Bahkan berbagai kebijakan affirmative action (tindakan khusus) untuk kalangan perempuan ternyata belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Begitu juga kesadaran dan kapasitas politik perempuan, perlu terus ditingkatkan. Sehingga ketika duduk di lembaga legislatif dapat memberikan kontribusi terhadap perubahan arah kebijakan yang mampu mendorong peningkatan partisipasi politik perempuan,” ujarnya.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak kaum perempuan agar lebih berani mengambil bagian dalam proses politik di Indonesia, termasuk ikut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News