KPU Gorontalo Pilih Sentuhan Kekinian untuk Didik Pemilih Pemula

KPU Gorontalo Pilih Sentuhan Kekinian untuk Didik Pemilih Pemula
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menyosialisasikan tentang pendidikan pemilih bagi generasi milenial (gen z) bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Gorontalo. (ANTARA/HO-Humas KPU Provinsi Gorontalo).

jpnn.com - GORONTALO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo memilih menggunakan sentuhan kekinian untuk mendidik para pemilih pemula pada Pilkada 2024.

Sentuhan kekinian digunakan terutama untuk menyosialisasikan pentingnya memilih pada generasi milenial atau sering disebut gen z.

Cara berbeda yang dimaksud Ketua KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola dilakukan berkolaborasi dengan merdeka belajar dan merdeka memilih.

"Kami memilih sentuhan kekinian dalam melaksanakan pendidikan pemilih. Kami mengajak para gen z memperhatikan teori, sekaligus praktik. Kami berharap cara ini efektif mengenalkan tentang tahapan pemilihan maupun teknis penyelenggaraan saat hari pemungutan suara maupun proses rekapitulasi suara hingga penetapan," ujar Sophian di Gorontalo, Kamis (10/10).

Seperti yang dilakukan dalam kunjungan lapangan peserta didik dari SMA Negeri 1 Gorontalo dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kegiatan yang berlangsung di aula RPP Dulohupa KPU Provinsi Gorontalo itu juga dihadiri para komisioner KPU lainnya.

Sophian mengatakan proses demokrasi yang ideal dan sempurna serta mendidik bagi pemilih pemula adalah proses yang tepat dilakukan dengan sentuhan kekinian.

Mereka (pemilih pemula) mendapatkan pengetahuan dalam teori, juga melaksanakan simulasi dan praktik pemungutan suara di TPS sehingga ilmunya dapat lebih cepat diterima.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo memilih menggunakan sentuhan kekinian untuk mendidik para pemilih pemula pada Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News