KPU Rekap Suara Nasional Mulai H+1

KPU Rekap Suara Nasional Mulai H+1
KPU Rekap Suara Nasional Mulai H+1
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai proses rekapitulasi suara nasional pemilu pada sehari setelah pemungutan suara 9 April. Penghitungan suara secara nasional itu akan berlangsung nonstop selama dua pekan sejak 10 April 2009.

 

Anggota KPU Andi Nurpati Baharuddin mengatakan, rekapitulasi sekaligus tabulasi nasional itu bisa di-update setiap hari oleh masyarakat. "Proses rekapitulasi dilaksanakan di Hotel Borobudur," kata Andi di gedung KPU Minggu (5/4).

 

Menurut dia, rekap sangat mungkin baru bisa dimulai pada 10 April pukul 00.00 WIB. Seluruh kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) saat itu telah menyelesaikan rekapitulasi di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Waktu Indonesia bagian barat mungkin yang paling terlambat karena perbedaan waktu dengan Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. "Jadi startnya sesuai waktu di Jakarta (WIB)," jelasnya.

 

Andi mengatakan, rekapitulasi itu akan dilakukan secara bertahap. Sangat mungkin, wilayah DKI adalah provinsi di Jawa adalah paling cepat menyampaikan rekap. Disusul daerah-daerah luar, termasuk provinsi yang memiliki wilayah sulit. "Mereka yang mempunyai daerah dengan akses sulit membutuhkan waktu. Sebab, data rekap dilakukan dari KPU kabupaten/kota," tuturnya.

 

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai proses rekapitulasi suara nasional pemilu pada sehari setelah pemungutan suara 9 April. Penghitungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News