Kru Pesawat Dikuliahi Bahaya Narkoba

Kru Pesawat Dikuliahi Bahaya Narkoba
Kru Pesawat Dikuliahi Bahaya Narkoba
JAKARTA-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan penyuluhan kepada pilot maskapai penerbangan. Sebanyak 258 pilot mengikuti penyuluhan tentang bahaya narkotika.

"Kali ini peserta yang ikut terdiri atas pilot, copilot, pramugari, teknisi, dan awak kabin," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti Gumay di Jakarta kemarin (10/2). Menurutnya, penyuluhan diberikan Brigjen Victor menyusul kasus tiga pilot Lion Air yang tertangkap karena menggunakan narkotika jenis sabu.

Herry menyebutkan, dengan penyuluhan ini diharapkan kejadian serupa tidak terulang lagi. "Kasus pilot yang menerbangkan pesawat di bawah pengaruh obat dan narkotika terlarang tidak terulang lagi," imbuhnya. Herry berharap, dari sosialisasi ini, nantinya ada perubahan manajemen dari safety penerbangan dalam mengawasi stafnya.

Sementara itu, Ketua Indonesian National Air Carrier Association Emirsyah Satar menyatakan, pihaknya akan memeriksa urine seluruh awak pesawat. "Pasti kami akan melakukan tes urine ke seluruh awak pesawat yang menyalahgunakan narkoba," tutur Emirsyah.

JAKARTA-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan penyuluhan kepada pilot maskapai penerbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News