KSAD Ingatkan Potensi Ketegangan Pascapileg

KSAD Ingatkan Potensi Ketegangan Pascapileg
KSAD Ingatkan Potensi Ketegangan Pascapileg

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Budiman menyebut, selama masa kampanye yang berlangsung selama 14 hari, gesekan antarparpol dan pendukungnya relatif berkurang, setidaknya dibanding sebelum masa kampanye.

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran ada masa libur panjang di masa kampanye, yakni 29-31 Maret, sehingga perhatian masyarakat tak begitu terfokus pada kampanye. Menurut dia, ketegangan justru banyak terjadi sebelum masa kampanye.

“Sebelum kampanye ketegangan sangat besar. Tapi setelah memasuki masa kampanye ketegangan sangat berkurang. Kalau kita cermati tahun ini, tingkat menanjaknya suhu politik relatif tidak terlalu besar, karena ada momentum liburan panjang. Sehingga sedikit menurunkan tensi," ujar ucap Jenderal TNI Budiman dalam teleconference bersama seluruh Pangdam dan KPU di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Minggu (6/4).

Meski begitu, jenderal bintang empat ini mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap waspada guna mengantisipasi situasi pascapileg.

“Melihat dari pemilu 2004 dan 2009, menjelang Pileg terlihat kenaikan ketegangan menanjak, kemudian puncaknya pada pileg kemudian menurun sebentar untuk selanjutnya menanjak lagi sampai pilpres,” tukas Jenderal Budiman. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Budiman menyebut, selama masa kampanye yang berlangsung selama 14 hari, gesekan antarparpol


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News