KSAL: Kekuatan Kapal Selam Mendukung Tugas TNI AL Menjaga Perairan Indonesia

KSAL: Kekuatan Kapal Selam Mendukung Tugas TNI AL Menjaga Perairan Indonesia
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali pada acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemenuhan Kebutuhan Program Pengadaan Kapal Selam Scorpene Evolved di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Rabu (11/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kekuatan kapal selam akan memainkan peran kunci dalam pelaksanaan tugas TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan menjaga keamanan di wilayah Perairan Indonesia dan yurisdiksi nasional.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara kunci dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemenuhan Kebutuhan Program Pengadaan Kapal Selam Scorpene Evolved di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

KSAL menjelaskan perubahan lingkungan strategis di tataran global maupun regional terjadi dengan sangat cepat, makin kompleks, dan tidak menentu.

Di hadapkan pada tantangan tersebut, pembangunan kekuatan kapal selam TNI AL menjadi makin penting dan mendesak.

Selaras dengan visi Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu mewujudkan negara nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Negara nusantara yang dimaksud adalah Indonesia dengan geografis kepulauan yang memiliki ketangguhan politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan nasional sebagai poros maritim dunia.

Visi tersebut tentu membutuhkan kekuatan angkatan laut yang mampu menghadapi berbagai tantangan strategis di masa depan.

“Oleh karena itu, kita harus menyatukan tekad untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global,” ujar KSAL.

Kekuatan kapal selam akan memainkan peran kunci dalam pelaksanaan tugas TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan menjaga keamanan di wilayah Perairan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News