KTT Asia Timur Tegaskan Komitmen Jaga Perdamaian, Stabilitas, dan Kemakmuran Kawasan

KTT Asia Timur Tegaskan Komitmen Jaga Perdamaian, Stabilitas, dan Kemakmuran Kawasan
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menghadiri KTT ke-19 Asia Timur yang diadakan di National Convention Center, Vientiane, Laos pada Jumat (11/10). Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, VIENTIANE - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan pentingnya kawasan untuk memperhatikan kondisi global saat ini yang semakin genting.

Hal ini disampaikan Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri KTT ke-19 Asia Timur yang diadakan di National Convention Center, Vientiane, Laos pada Jumat (11/10).

KTT Asia Timur Tegaskan Komitmen Jaga Perdamaian, Stabilitas, dan Kemakmuran Kawasan

KTT Asia Timur merupakan kegiatan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-44 dan 45 ASEAN.

“Dunia sedang tidak baik-baik saja. Konflik dan perang bermunculan, defisit kepercayaan meningkat, kerja sama konstruktif sulit terwujud. Jika kita tidak mengatasi ini secara segera, masa depan dunia, termasuk pencapaian pembangunan berkelanjutan (SDG) hanya akan menjadi impian,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin membuka pidatonya.

Wapres Ma’ruf Amin menekankan pentingnya semua negara untuk berupaya maksimal dalam menjaga perdamaian, kestabilan, dan kesejahteraan kawasan.

“Tahun lalu, kita telah sepakati pentingnya KTT Asia Timur dalam menjaga dan memajukan kawasan sebagai pertumbuhan dunia. Kesepakatan saja tidak cukup. Implementasi komitmen adalah kunci,” jelas Wapres Ma’ruf Amin.

Untuk itu, Wapres Ma’ruf Amin menyoroti beberapa isu utama yang memerlukan langkah konkrit dari KTT Asia Timur, yang pertama yakni situasi di Palestina.

KTT Asia Timur menegaskan komitmen terhadap “ASEAN Centrality” untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News