Kualifikasi AFC U-16, Utamakan Kekuatan Lama

Kualifikasi AFC U-16, Utamakan Kekuatan Lama
Kualifikasi AFC U-16, Utamakan Kekuatan Lama

JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 memang gagal merengkuh trofi juara dalam ajang Piala AFF U-16 beberapa waktu yang lalu. Namun, itu tidak lantas membuat penggawanya kehilangan posisinya di bawah panji Merah Putih. Mereka pun tetap menjadi pilar utamanya untuk tampil di babak Prakualifikasi Piala AFC U-16.
 
Ajang untuk kualifikasi Piala AFC 2014 itu akan dimulai pada 25 September nanti. Berada di Grup J yang dipertandingkan di Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia akan bersaing dengan tim penguasan AFC U-16, Jepang. Lalu masih ada Vietnam dan Filipina sebagai pengganjalnya. Pada laga perdananya, Garuda Muda akan menantang Vietnam (25/9).
 
Menurut rencana, hari ini skuad yang diarsiteki Sutan Harhara tersebut bakal bertolak menuju Kuala Lumpur. Sama seperti saat tampil di Myanmar dulu, Indonesia tetap akan berkekuatan 23 pemain. "Dan starting line up-nya kemungkinan besar tidak ada perubahan. Merekalah kerangka tim ini," ujar asisten pelatih timnas U-16, Mundari Karya.
 
Jika dilihat dari starting eleven reguler yang dipajang Sutan Harhara saat di Myanmar lalu, ada beberapa nama yang layak dapat pilihan utama kembali. Untuk posisi penjaga gawang, masih tetap jadi milik Panggih Prio Sembodho. Untuk posisi back four, kuartet Samuel Christianson, Anang Kustiawan, Dandi Maulana, dan Jujun Saepulloh bisa diandalkan lagi.
 
Sedangkan untuk lini tengah sudah dikavling oleh Dicky Rhomadona, Habib Arif Fadila, Reksa Maulana, dan Dodi Alfayed. Lalu untuk posisi ujung tombak, Gatot Wahyudi dan Muhammad Awal Fadjri jadi jagoan. Kualifikasi ini menjadi tantangan bagi Gatot untuk menjadi pencetak gol terbanyak.
 
Menurut Mundari, kegagalan di Myanmar lalu sudah menjadi pelajaran berharga bagi timnya. Apalagi, ketika itu mereka nyaris meraih juara sebelum disingkirkan Malaysia lewat laga yang berlangsung dramatis. Indonesia takluk dari gol menit akhir dan adu penalti setelah sebelumnya leading satu gol.
 
"Bagaimana pun kegagalan kemarin menjadi tahapan yang bagus bagi anak-anak. Sampai ke babak final saja sudah atatan bagus bagi mereka. kami mengambil sisi positifnya, bahwa hasil di Myanmar lalu sangat membantu kami mematangkan mental bertanding anak-anak," jelas pelatih yang pernah menukangi PSPS Pekanbaru itu. (ren)

Skuat Timnas U-16
Penjaga Gawang: Panggih Prio Sembodho, Yusuf Wahyu Prayuda, Achmad Iqbal Bachtiar
Pemain Belakang: Hendra Putra Satriya, Samuel Christianson, Jujun Saepulloh. Dandi Maulana Abdulhak, Anang Kustiawan, Habibi, Muhammad Dimas Hagiharso dan Reva Adi Utama
Pemain Tengah: Riyanto, Dimas Rafli Maldini Ahmad, Reksa Maulana, Mahir Radja Satya, Dody Alfayed, Asnawi Mangkualam, Dicky Rhomadhona Firmansyah dan Habib Arif Fadila
Pemain Depan:"Bernandus Fernando Hilvan Klau, Gatot Wahyudi, Ichtio Nimatul Akbar dan Muhammad Awal Fadjri


JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 memang gagal merengkuh trofi juara dalam ajang Piala AFF U-16 beberapa waktu yang lalu. Namun, itu tidak lantas membuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News